Sunday, June 5, 2016

Ini 15 Game Berbahaya untuk Pertumbuhan Anak


Beberapa tahun terakhir video game, baik offline maupun online, berkembang pesat. Peminatnya tidak hanya anak-anak di kota besar, namun juga di kota kecil hingga desa.

Sayangnya, orangtua sering memiliki pandangan yang keliru tentang game. Banyak yang mengira anaknya jenius karena pintar bermain game dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Sebagian beralasan lebih baik anak bermain game daripada terjerat narkoba.

Bahkan tak jarang juga orang tua berpendapat lebih baik menyediakan perangkat game atau gadget di rumah daripada bermain diluar rumah.
Namun bermain game awalnya tidak bersifat patologis atau mengganggu aktivitas sehari-hari, tapi jika kecanduan dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Saat ini banyak permainan game yang mengandung kekerasan baik yang offline maupun online. Hal ini sangat mempunyai dampak bersar terhadap jiwa anak.

Hasil penelitian Iowa State University Amerika Serikat menunjukkan bahwa bermain game yang mengandung kekerasan selama 20 menit saja dapat "mematikan rasa".

“Anak akan mudah melakukan kekerasan dan kehilangan empati kepada orang lain,” ujar Wahyu Farrah Dina, Direktur Indonesia Heritage Foundation pada Seminar Pendidikan Keluarga Duta Oase Cinta Kemendikbud baru-baru ini, dilansir dari laman kemdikbud, Selasa (26/4/2016).

Wahyu memberikan tips untuk menangani kecanduan game pada anak. Pertama, susunlah jadwal aktivitas anak pengganti game (olahraga, seni, dll). Kedua, jauhkan peralatan dan piranti lunak (software) game secara bertahap.

Ketiga, letakkan PS, komputer atau perangkat game lainnya di ruang terbuka (jangan di kamar anak). Keempat, jangan kenalkan game kepada anak di bawah usia 8 tahun, kecuali game edukatif.

Inilah daftar Game yang mengandung kekerasan dan berbahaya untuk perkembangan anak:

1. World of Warcraft
2. Grand Theft Auto (GTA)
3. Call of Duty
4. Point Blank
5. Cross Fire
6. War Rock
7. Counter Strike
8. Mortal Combat
9. Future Cop
10.Carmageddon
11.Shelshock
12.Raising Force
13.Atlantica
14.Conflict Vietnam
15.Bully

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html